Pengujian 130 Meter Air Milik PDAM Tirta Galuh Ciamis oleh UPT Metrologi

Tera/Tera Ulang Meter Air PDAM Ciamis

Guna memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan dalam hal memberikan perhitungan meter air yang terpercaya, PDAM Tirta Galuh Ciamis bekerjasama dengan UPT Metrologi Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kab. Ciamis melakukan pengujian meter air yang secara berkala (19/08/2019).

Tera ulang meter air merupakan suatu keharusan, agar meter air pelanggan tetap handal mengukur debit air, sehingga pembacaan jumlah pemakaian air pelanggan akurat.

Tera ulang meter air ini juga sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal. Kemudian PP Nomor 2 tahun 1985, tentang wajib dan pembebasan untuk ditera dan/atau ditera ulang, serta tertuang juga syarat-syarat alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya.

“Meter air yang diambil dari rumah pelanggan, akan terlebih dahulu dilakukan pengecekan secara keseluruhan (fisik). Selanjutnya akan dilakukan pemisahan antara yang masih layak atau tidak. Jika meter air termasuk kategori kurang layak, maka akan langsung dilakukan scrap.

“Jika meter air pelanggan masih layak, maka secara langsung akan dilakukan kalibrasi dengan cara membongkar meter tersebut, kemudian dilakukan pengecekan bagian dalam meter. Apabila ada bagian-bagian yang rusak, maka meter tersebut akan diganti dengan yang baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DINAS KOPERASI, UKM & PERDAGANGAN

Jl. Ahmad Yani No.171 Kel/Kec. Ciamis - Kab. Ciamis JAWA BARAT 46213 Tlp/Fax: (0265) 771297